Senin, 26 September 2011

Model Kasus

1.  Game Berbasis Cloud Computing
           Game berbasis cloud computing termasuk ke dalam jenis layanan SaaS. User dapat memainkan aplikasi game tersebut tanpa harus menginstal ke komputer, melainkan dapat mengaksesnya melalui browser. Contoh game berbasis cloud computing ini adalah game yang terdapat di Facebook (CityVille, Mafia Wars, Texas HoldEm Poker, The Sims Social, dan lain sebagainya).
        Sesuai dengan karakter facebook yang merupakan situs jejaring sosial, maka game-game tersebut berjenis social game. Social game adalah sebuah game yang dapat dimainkan dengan user lainya (teman) untuk saling berinteraksi. Interaksi tersebut dibutuhkan untuk bertukar item ataupun membantu dalam menjalankan quest tertentu. Dengan kata lain, karakteristik utama dari social game adalah memiliki teman sebanyak mungkin agar dapat meningkatkan level permainan dengan cepat. Genre yang diusung dalam setiap social game di facebook berbeda-beda, sehingga user dapat memilih game yang sesuai dengan hobi dan keinginan.
          Keunggulan yang dimiliki oleh social game facebook adalah mudah untuk digunakan, mudah diakses dan gratis (hanya butuh koneksi internet). Kemudahan tersebut tentu membuat pengguna semakin tertarik untuk memainkannya. Hanya dengan memiliki akun facebook, pengguna sudah dapat memainkan berbagai macam game.
        Setiap teknologi tentu memberikan sebuah dampak baru, begitu juga dengan social game facebook. Dampak tersebut bermacam-macam, tergantung dengan tujuan dan cara penggunaan. Pada bahasan selanjutnya, akan diulas mengenai dampak yang diberikan oleh game tersebut, khususnya bagi kegiatan belajar mahasiswa teknik informatika UNIKOM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar